Mencari Kuda Hitam dari Indonesian Idol 2008

Audisi Indonesian Idol 5 sudah digongkan oleh RCTI sebagai official broadcaster. Tidak lama lagi ribuan pemburu nasib akan berbondong-bondong menyerbu tempat audisi. Mampukah Indonesian Idol 2008 meraih simpati pemirsa?

Audisi

Salah satu tantangan acara pencarian bakat adalah kejenuhan penonton dan habisnya bibit unggul. Setelah empat kali penyelenggaraan, semua talenta di kota tempat audisi relatif telah habis. Jika dipaksakan juga, pasti akan terjadi penurunan kualitas. Tidak jarang, peserta yang tahun lalu tidak lulus, tahun ini berupaya mencoba lagi. Bahkan ada yang sudah ikut tiga kali.

Untung saja tahun lalu yang menang Rini. Coba kalau yang menang Wilson, pasti akan sedikit menurunkan citra Indonesian Idol. Mengapa? Karena Wilson adalah peserta yang tidak lolos audisi pada tahun sebelumnya.

Untuk menyiasati hal ini, RCTI menambah kota tempat audisi. Diharapkan dari kota “baru” ini muncul bibit baru yang lebih segar. Bahkan agar bisa masuk ke “gang sempit” panitia menggunakan bus sebagai tempat audisi.

Orang-orang unik yang nekad mengikuti audisi perlu diseleksi secara ketat oleh RCTI untuk ditampilkan. Jangan berlebihan seperti kasus Suciati yang menyanyikan lagu Sang Dewi Titi DJ dengan fals abis dan memekakkan telinga.

Nasib Idol Sebelumnya

Yang patut menjadi perhatian adalah nasib Idol sebelumnya. Setiap ada Idol baru, secara perlahan Idol yang lama akan tergeser popularitasnya, kecuali jika kualitasnya benar-benar mumpuni. Sampai saat ini belum terbukti, dukungan yang diberikan pemirsa yang berjumlah jutaan suara dimanifestasikan dalam bentuk pembelian kaset/CD.

Belum kedengaran sampai saat ini album Idol yang meledak. Mungkin antara selera membeli kaset dengan selera memencet SMS memang beda.

Bahkan di Amerika sekalipun, kualitas Idol mulai dipertanyakan. Jebolan American Idol tidak ada lagi yang berhasil merebut Grammy Award. Padahal pada tahun sebelumnya jebolan Idol begitu mendominasi. Jadi, memasuki musim ketujuh tahun ini, American Idol juga disambut dengan dingin.

MC & Juri

Kelucuan dan kegilaan VJ Daniel harus terus dipertahankan. Untuk mengimbanginya, salah satu juri juga harus gila. Peran Jamie masih diperlukan untuk mengimbangi kekurangajaran Daniel. Indra Lesmana dan Titi DJ merupakan sosok juri yang harus ada. Penilaian mereka selama ini cukup objektif dan sangat menguasai dunia mereka. Juri satu lagi bisa diambil dari orang baru yang menguasai dunia panggung (tidak harus mantan penyanyi).

Dewi Sandra yang menggantikan Ata sebagai MC perlu belajar lebih banyak untuk menyesuaikan diri. Sebagai penyanyi tentu dia memiliki modal lebih untuk lebih dikenal penonton. Akan tetapi, modal sebagai penyanyi juga dapat menjadi bumerang jika tidak dimanfaatkan secara optimal. Pokoknya, jangan garing, deh…

Masa Depan Idol

Melihat antusias penonton terhadap acara Super Mama Indosiar, tampaknya acara musik berbasiskan pencarian bakat masih cukup diminati. Hanya saja, harus selalu ada yang baru pada setiap musimnya. Durasi yang terkontrol pada Indonesian Idol merupakan nilai plus.

Usia maksimal peserta sudah selayaknya diturunkan sehingga seorang Idol selalu lebih muda dari tahun sebelumnya. Jika lebih muda, otomatis life cycle-nya sebagai artis akan lebih panjang.

Aransemen Magenta Light yang selalu “lari” dari aransemen aslinya harus tetap dipertahankan. Pada babak penyisihan durasi lagu jangan terlalu singkat. Selama ini, baru satu putaran lagu sudah habis. Penambahan satu putaran lagu perlu dipertimbangkan. Jika prasyarat di atas terpenuhi, acara ini memang layak dinantikan. (Azwan, 5/2/2008)

Iklan

17 tanggapan untuk “Mencari Kuda Hitam dari Indonesian Idol 2008

  1. salut bngt dngan acaranya…Amazing Reality Show bigest to Indonesia!!!
    Bsa blang Mmang,Ray ikut audusinya!!!luar biasa…
    Sory to Say Tp ada satu yang mnjadi kndala d saat putaran prtama & kdua,audisi di mulai yg dmn seleksi d lakukan oleh crew indonesian idol…mnurut Ray,seleksi yang di lakukan oleh crew kurang bjaksana mungkin Orientasi kpada pserta brdsrkan Faktor KEBERUNTUNGAN!!!
    Ray bleh dkatakan mempunyai kualitas di atas Rata2 tp ktika seleksi oleh crew krang antusias dkrnakan crew mungkian kurang selektip
    tdk mmnutup kmungkinan,klo ada ksempatan kdua…Ray bsa d seleksi oleh Indra lesmana team…mungkin mreka kaget masa iya indonesia pnya Pnyanyi msa dpan luar Biasa karena bsa dkatakan sperti itu dan Ray bsa mnanggung prnyataan itu mungkin jd bhan prtimbangan Thank”s

    @Hery Azwan
    Terus maju Bung Ray. Wilson yang jadi juara 2 tahun 2007, pada tahun sebelumnya juga gak lolos seleksi. If you think you can, you can.

  2. Usia muda g menjamin indonesia menemukan idol yang bener2 dicari tapi kematangan vokallah yang mestinya harus diperhatikan percuma muda tapi g bisa membuat orang terkagum2 akan kemampuan vokalnya tapi walaupun usia dah diatas abg tapi kemampuan vokal bisa menjadikan kelebihan napa tidak…..dunia vokal dan nyanyi tidak harus diisi dengan usia yang muda dan penampilan yang kinclong tapi harus punya taste dan kelebihan so siapa jadi g masalah klo usia untuk audisi II tetep segitu karena biasanya untuk usia yang segitu jauh lebih matang dan punya pengalaman…….(soalnya aku jg dah deket2 umur segitu sih).

    Jadi untuk II sekarang harus bisa lebih selektif karena II juga ajang buat pembelajaran musikal buat orang awam gimana klo juara II nya biasa2 aja berarti orang akan mengira untuk ukuran singer yang the best adalah segitu padahal masih banyak yang lebih bagus dan dasyat dari juara2 II sebelumnya.Udah saat nya masyarakat belajar untuk benar2 tau seberapa sih kualitas vokal yang dasyat itu 🙂

    Muda dan tua memang tidak menentukan bagus tidaknya kualitas vokal seorang penyanyi. Sherina dari kecil sudah bagus suaranya. Begitu juga Gita Gutawa. Kalau saya, semakin tua tidak ada perubahan, tetap saja memekakkan telinga orang yang mendengar saya menyanyi. Maksud saya sih, semakin muda umur II, semakin panjanglah karirnya di dunia musik Indonesia. That’s it.

  3. Emang tuh indonesian idol cuma karena faktor keberuntungan aja ada yag bisa ampe juara 2. liat aja tuh si dirly, ternyata, pap tirinya tuh salah satu pemegang sahan Sampoerna…di tv diliati manjat pohon kelapa, hdp susah…Bullsip tuh…hheheheh…ihsan, jual rumah, pake bawa nama warga nama medan..padahal papanya orang gorontalo sualawesi utara…fam nya Taroreh…aha ga seru kale…wilson???ga tau ya…aneh aja dy isa juar 2…
    tapi masalah kualitas ga isa dibandingin ama American Idol…ow…jangan..jangan… AI tuh gudangnya para penyanyi terbaik…

    Tahun ini yang masuk Gammy Awards ada Carie Underwood(AI4), malah menannga, Fantasia Barino(AI3) cuma kategori aja…tahun lalu,Garammy 2007 Carrie memenangkan juga…sorri la yaw…hahahahaha…

  4. Indonesian Idol???

    Gue suka banget…
    lucu-lucu seru bikin nangis jg tapi kalo yg jual cerita pilu buat dpt dukungan aahhh katrok lu!! ini acara suka-suka mann…
    la nyanyi kok pake cerita panjat-panjat kelapa haa haaa haaa haaa gmana mann ?? dirly .. ihsan..
    Ntar kalo gue menang idol gue tampilin jg gue kecil dulu jualan pecel, bersihin kandang ayam, ke sekolah nyeker dan mandi di kali.. hua hua hua hua hua hua ehh pas yang gue ngojek ikut diekspos juga kaleee hua hua hua hua
    lets sing and dance aja lah enjoy aja

    ya nih…
    yang penting enjoy aja (lho, kok seperti sebuah iklan)

  5. Kita lihat bersama ya bang …
    Bagaimana hasilnya nanti …
    yang jelas kalau tidak salah 24 finalis udah terpilih nih …

    THX

    Kira-kira setiap minggu mau kita bahas apa nggak ya?

  6. Yah! meski ada pencarian bakat yang lain, bagi gw idol paling cihuy, gmn enggak, acara ini bener2 membuat pemenangnya punya album ndiri n lagunya juga sebenarnya bagus2, cuma kurang promo aja x yaa…? beda dengan yang lain yang cuma satu album bareng2. cuman idol 2008 ini gw harus sedih, karna RCTI gw tiba2 aja ngilang dari tivi gw, tapi sebelum show gw bakal lihat deh acaranya gw bakal usahain agar RCTI come back to my house, maju terus IndonesianIdol!!!!

    makasih sudah mampir.
    porsi indonesian idol memang pas.
    kualitas ok, hiburan ok, komentar jurinya juga tidak bertele2.

  7. he.he.emank yang naik dau setelah mengikti idol sedikit banget seperti mike,judika,dirly dan delon aja…yang baru mucul cuma ida di OB….
    bagaimana nih manajemennya kok gak bertanggung jawab???

    ayo tanggung jawab???

  8. Akhirnya, seperti dugaan banyak orang sejak awal audisi, seperti pertanda dari Titi DJ yang sampai menangis, Aris berhasil menjadi Indonesian Idol 2008. Aris berhasil menang tipis dari Gisel yang terus meningkat grafiknya. Bahkan, jika Gisel menyanyikan lagu “Time to Say Good Bye” yang memperlihatkan pencapaian vokalnya yang luar biasa lebih awal (misalnya minggu lalu), jangan2 dukungan bisa beralih ke Gisel.
    Selamat Aris….
    Seperti kata Mamamu, “jangan sombong, jangan mabuk kemenangan”.
    Orang yang biasanya di bawah lalu tiba2 menjadi orang sukses, mereka sering tidak siap mental.
    Akhirnya kesuksesan yang diraih dengan susah payah bisa sirna ditiup angin.
    Ingat Aris, jalanmu masih panjang.
    Ingat pelajaran dari Mike Tyson, MC Hammer dan orang2 sukses lain yang akhirnya harus bangkrut karena tidak punya kemampuan mengelola penghasilan besar yang mereka miliki.
    Investasikan penghasilanmu ke tanah dan emas.
    Jangan investasi ke barang elektronik yang nilainya semakin menurun.
    Lho, ini kok jadi pelajaran investasi toh…
    Tetap sederhana adanya…

  9. Selamat buat Aris…
    Seperti yang sudah diduga dari awal, dia bakal jadi pemenang, akhirnya terwujud.
    Mudah2an dia bisa menjadi penyanyi yg diteladani; perjuangannya maupun sikap dan akhlaknya..

  10. kayaknya Indonesia or RCTI udah salah milih Idola liat aja gimana tingkah lakunya Aris si New Idol itu…..udah liat kan di Infotainment ?? sorry bgt deh kalo Idola Indonesia ky Aris udah dulunya males sekolah gak luluskan Sekolahnya??dan dia gak sekolah bukan karena gak punya biaya tapi karena MALES!! hello Idola Indonesia Males sekolah??? eh sekarang malah nelantarin anak isterinya…kena star syndrome y?? tapi star syndrome apaan jd bintang jg belom…next time kalo cari Idola yg bener dong!!! jgn malu2in Indonesia gmn mo ikut ASIAN IDOL kalo Idol nya DODOL ky gt!!!!

  11. artikel di atas maksa bgt….

    menurut gue, II gx perlu orang yg muda atau tua. yg penting adalah kualitas vocal… kn ini acara pencarian bakat untuk jadi penyanyi. mkn krn itulah kualitas II dari tahun ke tahun menurun. ada yg yang hanya modal tampang, modal kisah, serta krn pesertanya dekat dengan crew (denger2 dr banyak forum). dulu saya fikir audisi II langsung di hadapkan ke 4 juri d TV tp ternyata harus melalui beberapa tahap untuk bisa sampai ke 4 juri tersebut (tt dj, indra, anang, ….)…. tidak spt yg saya bayangkan ketika nonton d TV. Huh….cape deh…. kalo masalah jebolan II itu sukses atw tidag itu tergantung pada kualitas penontonnya kali ya…. trus, mengenai Wilson adalah peserta yang tidak lolos audisi pada tahun sebelumnya itu tidag jadi masalah. manusia bisa berubah kapan saja…. mkn usaha wilson untuk lolos II tahun kemarin sangat besar. atw ia kursus vocal dan lagi katanya ia sering nyanyi di gereja…. kan wajar saja kualitas vocalnya semakin matang… hohohoho… sory banyak coment….thx b4…..

  12. tahun ne ..tepat a untuk indonesian idol 2010 yg d selenggarakan d medan..
    menurut saya panitia belum bisa menyiap kan juri yg
    peka terhadap suara peserta..
    bukti a kemaren sewaktu saya mengikuti audisi ne..
    saya mendapat juri yg sudah mengantuk..
    sehingga suara pun susah di dengar a …
    baru saya menyebutkan 2 patah kata,juri a langsung
    menyuruh saya keluar..
    padahal saya seorang vokalis pda suatu band di kota medan and kami sering tampil di setiap acara resmi..
    walau pun band kami kecil tapi kami punya penggemar..

    wassalam

    niver

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s