Usia Bertambah (Berkurang?)

Hari ini, genap 17 tahun yang lalu aku lahir di sebuah klinik di Kebun Tanjung Keliling yang terletak di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Yang bener nih? Masa 17? Nggak ding. Nggak boleh boong ya? Ya deh, jujur. Tepatnya, 37 tahun yang lalu. Udah tua gue ya?

Aku mengucapkan syukur, Allah masih memberikan kesempatan kepadaku hidup di dunia fana ini hingga saat ini. Di sisi lain, terkadang terpikir juga, apa yang telah aku capai dalam usia setua ini. Apa yang sudah aku berikan untuk masyarakat, untuk bangsa, untuk manusia di seluruh dunia? Dzghhh… muluk-muluk banget ya…

Usiaku bertambah, tapi sisa hidup di dunia berkurang. Asumsikan saja, rata-rata hidup orang Indonesia 65 tahun, maka pada usiaku saat ini, sudah melewati lebih dari setengah jalan. Mudah-mudahan saja, di sisa hidupku yang setengah jalan lagi (jika Allah menghendaki), aku dapat mengisinya dengan amal baik, yang bermanfaat bagi orang-orang di sekelilingku (keluarga, teman) dan orang-orang yang bahkan tidak mengenalku.

Pada usia ini, kalau aku bandingkan dengan ayahku dulu, dia telah memiliki lima orang anak, dengan aku sebagai anak terbesar telah duduk di kelas 5 SD. Dalam hal karir, ayah masih belum diangkat sebagai staf di kantornya, PTPN II. Saat itu, beliau masih menjabat kerani satu.

Jalan hidup manusia memang beda-beda. Jika kita selalu membandingkan dengan orang lain, apalagi yang berada di atas, maka kita tak pernah puas. Aku adalah aku, dia adalah dia, kamu adalah kamu, mereka adalah mereka. Tidak bisa dibanding-bandingkan. Teramat banyak faktor, baik eksternal dan internal yang menjadi prediktor. Masing- masing punya kelebihan dan kekurangan, punya peluang dan tantangannya sendiri.

Wah, udah kelamaan nih cuap-cuapnya. Melalui blog ini saya mengucapkan terima kasih atas ucapan selamat dari teman-teman yang sudi mengunjungi blog ini. Halah, geer banget sih…

Btw, kemarin aku menerima kiriman buku “the Last Lecture” edisi bahasa Inggris dari Kak Imelda Veronica Coutrier yang bermukim di Jepang. Surprise banget lho…Arigato gozaimasu untuk semua kebaikannya. Bagi teman-teman lain yang mau mengirim hadiah juga dipersilakan dengan senang hati (ngarep.com). He he he…

Iklan

17 tanggapan untuk “Usia Bertambah (Berkurang?)

  1. selamat ulang tahun bro, thanks for being my best friend…
    teruslah menjadi manusia terbaik di dunia ini,
    aku sangat yakin, dunia senantiasa tersenyum, karena memiliki seorang manusia baik bernama “hery azwan” (gak hiperbolis kan?) hehe…. 🙂

  2. Benar Bang,
    banyak faktor yang bisa membuat orang tak lagi sama, meskipun terlahir kembar…
    Jadi tidak boleh membanding-bandingkan Abang dengan Ayah… Atiau nekat membanding-bandingkan Lala dengan Luna Maya (jelas, cuman beda tipis ajah! hehe)…
    We’re unique,
    that’s why we’re so very special…

    Ah, Abang
    Maaf si Bungsu nggak bisa kasih apa-apa seperti Kakak Kedua…
    Tapi Bungsu cuman bisa memberikan doa agar Abang senantiasa mendapatkan limpahan rahmat dari Allah SWT di sepanjang hidup Abang. Amin.

    Mari sama-sama berlomba untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama, ya, Bang… dan Bungsu yakin, Abang sudah melakukannya buat aku… 🙂

    Salam manis,
    minta ditraktir martabak manis.. hehehe…

  3. okokok aku juga ikutan
    cheeesseeee..

    (eh …sapa yang foto nih?
    kue ulang tahunnya mana?
    ayooo Lala buruan jangan betulin bedak mulu…
    Om…kalungnya dilepas ahhh kayak dukun
    Bang Hery… siap?

    click………… ok polaroid siap —masih ada ngga ya polaroid hihihi)

    EM

  4. Selamat Ulang Tahun, semoga menjadi manusia yang semakin berguna bagi orang lain, keluarga, dan diri sendiri…

    Kadang saya berpikir begini: apa yang telah cukup buat ayahku. tak lagi cukup buatku… Tapi, saya yakin pendapat Mas Hery lebih tepat, segalanya tak sama. Masing-masing punya peluang dan tantangan sendiri-sendiri. Thanks.

  5. Renungan ulang tahun yang baik…
    Gara2 nyebut umur, jadi inget umur sendiri dan sisa masa hidup (versi rata2 orang Indonesia) yang semakin pendek. Waktu berjalan bergitu cepat dan gak kerasa.. usia yang tersisa juga makin cepat habis.

    Dan, jadi ikut merenung untuk diri sendiri..
    Kadang semua kecepatan berputarnya waktu itu aku rasa gak sebanding dengan kecepatanku memperbaiki diri. Masih perlu lebih banyak waktu untuk memohon ampun dan membersihkan banyaknya dosaku. Masih sempatkan aku menghentikan langkah kearah yang KAU larang dan hanya melangkah kearah yang KAU ridhoi, lalu berbuat kebajikan untuk menyeimbangkan segala kesalahan dan dosa2ku saat semuanya itu ditimbang kelak..? Aku mencoba dan terus mencoba.. tapi waktu seakan berpacu lebih kencang… dan sisa waktuku semakin pendek saja.

    Sudahlah sepanjang aku sudah berusaha semampuku, semaksimal kapasitasku, aku serahkan seluruh hasil ujuianku ini padaMU disaat bel berbunyi kelak. KAU Maha Adil dan Maha Bijaksana.

    SELAMAT ULANG TAHUN SAHABAT..

    Salam erat,

  6. Lama gak mampir..
    Pas Mampir.. Pas Ultah…
    selamat ulang tahun Boss..
    semoga diberikan kemudahan dalam segala urusan dunia dan akherat…
    Amin..

    Btw..saya juga sudah setengah jalan nih Boss..
    cuman ya masih belum sadar-sadar juga..

    Oh ya kapan makan-makannya..

  7. Selamat Ulang Tahun. Salam kenal bang…
    Berkurang / bertambah? mmm bisa juga tetep bang kalo setahun kemaren kita merasa tidak mengerjakan apa-apa. Jalan ditempat, hehehe
    Sukses terus….
    ayo La…..donat Jco nya dibagiin……

  8. Wah, selamat ulang tahun, Bang. Tapi, berkurang kali ya? Berkurang dari jatah yang telah diberikan Tuhan. Hehe.

    Semoga sehat, bahagia dan lancar salalu.
    Waduh, aku tahun kemarin tuh beberapa kali ke Pulo Kambing lho. Cukup sering juga. Sayang kita belum kenal ya 🙂

  9. Walau terlambat, saya mengucapkan selamat ulang tahun. Semoga dikarunia kesehatan dan tercapai apa yang dimimpikan…Amien
    (Kemarin bolak balik kesini belum ada postingan baru, tahu2 nambah dua).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s