Tuna Netra Luar Biasa

Hari ini di harian Kompas halaman 16 ada sosok yang sangat inspiratif, Eko Ramaditya. Meski tidak bisa melihat sejak lahir, Rama, mampu beraktivitas layaknya orang normal, bahkan lebih dahsyat .

Mau ngeblog oke, mau sms hayoh, mau fotografi maree…Pokoknya, dia bisa melakukan semua pekerjaan yang dilakukan orang normal.

Yang fenomenal, Rama sudah membaca hampir semua buku best seller. Gimana caranya? Dia men-scan setiap halaman buku tersebut, lalu mengkonversinya menjadi file audio. Rama menikmati semua buku tersebut dengan mendengar. Sebagaimana layaknya tuna netra, pendengaran Rama juga sangat sensitif sehingga hampir semua informasi di buku dapat diingatnya dengan baik.

Rama membiayai hidupnya dengan menjadi komposer musik game, antara lain untuk Nintendo. Sebagai penghargaan untuknya, Rama telah diundang ke Jepang mengunjungi kantor pusat Nintendo.

Rencananya, dalam minggu ini Rama akan diundang ke kantorku sambil membicarakan penerbitan dua bukunya di penerbit kami. Insya Allah, bulan Agustus bukunya sudah bisa beredar di toko buku. Nanti beli ya….(sekalian aja promosi nih…)

Setelah bertatap muka di dunia nyata, nanti akan saya ceritakan lagi bagaimana sosok seorang Eko Ramaditya secara lebih lengkap. O, ya, di samping di website berbayar, Rama juga dapat ditemukan di Multiply.

Iklan

15 tanggapan untuk “Tuna Netra Luar Biasa

  1. Hebat Eko Ramaditya……

    Manusia memang mahluk Allah yang “Terbatas”..tapi sampai sekarang..kita masih belum tau “batasnya” manusia itu sendiri….

  2. what an inspiring story Baaaannnggg….!!
    Ah, salut banget aku sama orang-orang yang bisa memaksimalkan apa yang dia punya dan nggak mengecilkan apa yang dia nggak punya.. uuhhh… it’s so amazing!

    Samaaa… Aku pesen satu buku, plus tanda tangan.
    Ntar duitnya aku transfer deh… ^_^

  3. Untuk klub Asunaro (4 sekawan hi hi…): Bos Nh18, Ime-chan dan Lala
    Jangan khawatir….don’t worry….
    Semua kebagian tanda tangan…
    Bila perlu ditambah tanda tangan saya sekalian.
    Nanti kalau bukunya udah jadi, saya kirim sebagai hadiah,
    tanda persahabatan kita di dunia maya….Ceile….
    Yang lain jangan ngiri ya….!!!

  4. HHmmm …
    Jadi … jadi …
    Mudah-mudahan aku bisa mendapatkan
    3 buah USB 1 Giga … plus kalung nama / HP …
    Barang merchandise perusahaan ku …
    Buat Asunaro …

    (tapi aku nggak janji ya … mudah-mudahan masih ada …)

    Asyi-asyik….
    Bos Nh memang baik deh…

  5. Seperti dugaanku.
    Ini Rama yg suka nulis berita di detikinet.
    Saya baru tau dia tunanetra ketika detikinet majang fotonya.
    Salut!

  6. Hehehe, terima kasih buat artikelnya ya…!

    Btw, koreksi buat yang nulis yah… Itu harusnya “Meski” bukan “Mesksi”

    Buat komentator pertama: :Keterbatasan tidak menghambatnya untuk terus terpuruk” itu punya makna yang bisa jadi negatif lho… *peace* …

    Wah, ini komen langsung dari Rama, lho.
    Terus, dia berhasil menemukan kata yang salah ketik euy…
    Luar biasa….
    Btw, untuk komentator pertama, kita serahkan kepada komentatornya aja ya, bagaimana maksudnya.
    Nanti dia pasti kemari…

  7. Luar biasa …
    rama …. Ya betul …
    Maksud saya adalah ..
    Keterbatasan tidak menghambatnya …,
    dan keterbatasan juga tidak membuatnya untuk semakin terpuruk …

    saya salut dengan Rama …
    Sukses ya rama …

    Dahsyat ya Bos.
    Dia bisa mengoreksi apa yang kita tulis.
    Luar biasa….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s