MBTI

Masih ingat dengan Personality Test yang telah diambil oleh banyak blogger pada tahun lalu? Saat itu hasil tes saya menyatakan kalau saya adalah orang bertipe INTJ (Introvert, iNtuitive, Thinking dan Judging). Hari ini kembali saya disegarkan dengan penjelasan mengenai tes tersebut dari Smart FM. Anthony Dio Martin menjelaskannya dengan baik.

INTJ Personality
INTJ Personality

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) merupakan sebuah kuesioner yang didesain untuk mengukur preferensi psikologis tentang bagaimana seseorang memahami dunia dan membuat keputusan. Kuesioner ini didesain oleh dua orang yang kebetulan Ibu dan Anak saat Perang Dunia II berkecamuk. Tes ini mulanya dibuat untuk menolong kaum perempuan dalam memasuki dunia kerja.. Tes ini bermaksud melihat preferensi seseorang, jadi bukan bersifat mutlak.

Sebagai contoh, kita dapat menulis dengan kedua tangan kita, tapi kita tidak mungkin menggunakan keduanya sekaligus untuk menulis. Cukuplah kita menggunakan salah satunya untuk menulis. Tes ini sangat berguna bagi para atasan untuk memberdayakan potensi bawahannya. Bagi bawahan, tes ini juga bisa dipakai untuk memahami dirinya sendiri sehingga bisa mengembangkan diri lebih lanjut. Selain itu, tak ada salahnya bawahan dapat lebih memahami atasannya sehingga pola komunikasinya dapat berjalan lebih tepat.

Extrovert vs Introvert

Ekstrovert adalah orang yang berorientasi ke luar dirinya. Dia lebih senang berinteraksi dengan banyak orang, senang bergaul, senang berorganisasi. Sebaliknya, Introvert adalah orang yang berorientasi ke dalam. Dia lebih senang menyendiri, dan bergaul dengan sedikit teman. Dia tidak mempunyai masalah jika harus pergi ke mana-mana sendirian, ataupun makan di restoran sendirian.

Sensing vs Intuitive

Sensing adalah orang yang menggunakan semua indranya untuk memahami lingkungannya. Orang bertipe ini lebih pragmatis, simple dan senang dengan yang detil. Sebaliknya orang Intuitive adalah orang yang cenderung menggunakan lebih dari indra, atau yang lebih familiar kita sebut memiliki indra keenam. Mereka ini lebi visioner dan memiliki daya jangkau pikiran yang jauh dari orang kebanyakan.

Feeling vs Thinking

Feeling adalah orang yang lebih sering menggunakan perasaannya dalam mengambil keputusan. Mereka ini cenderung subyektif. Adapun Thinking lebih sering menggunakan rasio atau otaknya dalam mengambil keputusan sehingga cenderung lebih obyektif.

Perceiving vs Judging

Perceiving di sini berarti lebih fleksibel dan mampu menyesuaikan diri dengan cepat. Mereka sangat menyukai surprise. Di saat ada perubahan, biasanya tipe ini dapat beradaptasi dengan lebih cepat. Sebaliknya, Judging adalah orang yang selalu tertib dan selalu mempunyai rencana yang terstruktur. Jeleknya, orang seperti ini tidak suka dadakan atau surprise.


Penutup

Dari empat dimensi di atas, ada 16 kombinasi karakter. Yang uniknya, pada website mypersonality.com ada organisasi khusus untuk setiap karakter di atas.

Iklan

11 tanggapan untuk “MBTI

  1. Wah penasaran, karakter Bang Hery apa ya? Tapi kayaknya ENFP tuh. Ada kok test online di internet. Memang tidak begitu valid, tapi MBTI sendiri sebagai sistem juga tidak valid 100% kok. Jadi bisa ditolerir lah. šŸ˜€

  2. aku sudah pernah coba menyambangi situs itu, tapi belum berminat mengikutinya, ntar dicoba ah…

    bro, apakah hasil tes itu benar2 sesuai dg diri ente?

    apakah benar2 sesuai dengan diriku?
    kalau yang baik2 ya sesuai, kalau yang jelek2 ya dicuekin..
    he he…mau enaknya aja…
    tapi paling tidak bisa mencerminkan…

  3. wah aku ESFP katanya…. ngga tau bener ngga hehhehe….

    ambil yang bagusnya aja deh šŸ™‚
    EM

    ESFP adalah Entertainer.
    Ime-chan kan emang hobinya meng-entertain orang. Tapi kayaknya bukan entertainer murni, meski nyanyinya jago…
    Mungkin di sini unsur presenter lebih mendominasi. Terbukti, pada setiap event kopdar, selalu ingin menyenangkan (menghibur) teman2 lain…
    Jadi, asyik2 aja deh…

  4. Setiap kali mencoba test itu, sejak 18 tahun lalu, tak pernah bergeser…tetap ENTJ…
    Di kantor lamaku, setiap manager harus mengikuti berbagai test, demikian juga staf dibawahnya, gunanya untuk menyesuaikan gaya kepemimpinan kita. Untuk anak buah yang pintar, sensitif, mandiri, dapat dipercaya, kita bisa melakukan gaya S3 atau S4 dalam menghadapinya. Namun jika kita memimpin kantor cabang, yang anak buahnya heterogen, serta risiko finansialnya tinggi, maka gaya S1/S2 yang dipilih.

    Menyenangkan, apalagi menyesuaikan gaya kepemimpinan yang harus berubah, tergantung posisi kita dimana, dan bagaimana karakter anak buahnya. Memahami ini, sangat menolong melalui masa-masa yang sulit, terutama jika kita dipindahkan ketempat baru…

    Makasih sharingnya Bu Enny…
    Bu Enny ini memang Chief kan dulunya?
    S1, S2, S3 dan S4 itu apa Bu?
    Bisa dijelaskan…

  5. Saya jelas …
    E.F.S.P … The entertainer … (bahasa indonesianya … Tukang Ngamen …)
    Bahasa korannya … Lelaki penghibur …
    Mungkin … Bahasa Myer Brigsnya … “the left side” hahaha (abis di tulisan abang ini E,S,F dan P selalu ditulis duluan di sebelah kiri …
    hahaha …
    (entah betul entah tidak … karena aku testnya di Web site …)

    Menurut ahlinya … yang di website itu akurasinya tidak bisa dipertanggung jawabkan ….

    Tapi aku sih … asek asek ajah … ya nggak chuy …
    (mata riyep-riyep … )

  6. And ternyata …

    Gua sama dengan EM …

    What do you think bang …??

    Aku sama Wonder Women sama nggak sifatnya ?

    Ada kemiripan, Bos…
    Unsur Ektrovert-nya hampir samalah…Bos senang blogwalking, Ime-chan senang kopdar. Ha ha….
    Unsur Sensing-nya juga kelihatan dari perhatian Bos Nh dan Ime-chan pada hal detil. Dalam setiap training, Bos Nh selalu mempersiapkan segalanya dengan sempurna. Begitu juga Ime-chan selalu mempersiapkan acaranya dengan detil sekali.
    Unsur Feeling-nya juga hampir sama. Kalian berdua mempunya perasaan yang sangat halus sehingga sangat pintar berempati.
    Unsur Perceiving-nya kalian berdua juga senang memberi surprise.
    Ha ha….gitu aja deh gutak gatik gatuknya…

  7. Selamat pagi mas, sorry agak ngga nyambung..tp aku baru baca postingan tahun lalu tentang laparoskopi..? bgmana mas? sudah berhasilkah..?because i’m planning too..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s