Akhirnya Punya iPad2

Review iPad2
Akhirnya iPad2 di tanganku

Saya sebenarnya bukan seorang gadget mania. Lalu, mengapa saya akhirnya takluk dari godaan iPad2 yang sensasional ini?
Begini ceritanya…..Pada saat iPad generasi pertama diluncurkan sekitar awal 2010 saya menganggap gadget ini tidak jauh dari laptop, hanya saja tidak menggunakan keyboard. Lalu apa istimewanya? Mau ngetik aja susah. Apalagi saat itu harganya sangat mahal, sekitar 10 juta ke atas.

Meskipun demikian, saya pelan-pelan mulai tertarik dengan alat ini, terutama setelah seorang kerabat mendemonstrasikan kemampuan gadget berlayar sentuh ini. Bawah sadar saya semakin tergiring saat saya selalu mencantumkan gadget ini dalam berbagai presentasi power point untuk keperluan kantor.

Tibalah saat yang sangat menentukan, ketika Steve Jobs meninggal dunia dan setelah itu buku biografinya diluncurkan (ditulis oleh Walter Isaacson). Saya membaca dengan lahap buku setebal lebih dari 700 halaman tadi. Dalam seminggu, diselingi dengan kesibukan saya, akhirnya buku tersebut rampung. Saat itu saya semakin memahami latar belakang kemunculan iPad dan fungsinya dan juga semakin salut kepada kegeniusan Steve Jobs. Saya semakin jatuh cinta.

Biografi Steve Jobs

Maka, saat itu saya langsung hunting, baik on line maupun off line, mengecek harga sambil melihat apakah ada tawaran cicilan. Jatuhlah pilihan pada toko iBox MKG 3 karena di sini ada fasilitas cicilan 6 bulan menggunakan kartu kredit CIMB yang kebetulan saya miliki. Harganya sekitar Rp6,299.000 untuk spesifikasi wifi dan 3G 16 GB.

Semenjak itu, saya mengeksplorasi habis-habisan kemampuan iPad2 yang sudah dilengkapi kamera ini. Sejauh ini saya sangat puasssssss. iPad2 memang ruaaaaaarrrrrr biasa.

Berikut fitur yang menurut saya sangat membantu saya dalam kegiatan sehari-hari, baik untuk kerja maupun untuk hiburan selama dua bulan ini.

  1.  Video yang kita rekam bisa langsung tayang di Youtube, tentu saja jika kita menggunakan wifi. Hal ini saya praktekkan dengan mengunggah video saya bermain piano dan acara-acara kantor. Ketik saja nama saya Hery Azwan di Youtube, pasti akan ketemu dengan beberapa video yang saya unggah.
  2. Membaca dan menjawab email secara push, laksana Blackberry, hanya saja dengan tampilan layar yang lebih lega
  3. Browsing apa saja dan membaca media apa saja dari seluruh dunia dengan tampilan layar High Definition
  4. Ada keyboard aksara Arab yang bagi saya sangat atraktif dan menjadi nilai tambah. Aksara Jepang dan China juga ada lho.
  5. Dapat membaca buku via aplikasi iBoook. Hanya saja, buku berbayar belum bisa. Jadi kita hanya bisa membaca buku gratisan yang sangat klasik dari proyek Guttenberg. Untuk buku lain yang pernah kita unduh gratisan via laptop, visa di-shared via Dropbox.
  6. Dapat mendengar radio via Aplikasi Nux atau lagu (via Dropbox). Bahkan Trans TV dan Trans7 juga sudah menyiapkan aplikasi video streaming. Jika menggunakan wifi, hasilnya bagus sekali dan relatif kencang.
  7. Garage Band untuk membuat rekaman musik

    Bisa mengaransemen musik dengan aplikasi GarageBand. Tentu saja kemampuannya tidak seperti menggunakan synthesizer. Ada keterbatasan yang harus diatasi. Saat memencet keyboard, jari kita terasa besar dan sering meleset. Suara string session tidak ada. Tapi suara gitar metalnya luar biasa…..

  8. Bisa mengupload foto ke Twitter dan Facebook dengan lebih cepat dan hasil yang lebih bagus. Ini sih standar ya bow….
  9. Bisa untuk menulis laporan maupun presentasi. Saya menggunakan aplikasi Page, Number dan Keynote. Dengan fasilitas ini saya tidak lagi membawa2 laptop yang berat ke mana-mana. Cukup membawa iPad saja saya bisa bekerja di manapun. Dalam hal ini, fasilitas Drop box sangat membantu untuk bisa sharing dengan laptop saya.
  10. The Daily: Koran khusus for iPad

    Bisa membaca The Daily, aplikasi laksana koran yang khusus dibuat untuk iPad. Dari aplikasi ini kita bisa membaca rubrik News, Opinion, Gossip, App & Tech, Art & Life, dan Sport. Kita hanya membayar US$ 0.99 per minggu. Relatif lebih murah dari Kompas e-Paper yang dijual seharga Rp50.000/bulan.

  11. Bisa menyaksikan video pembelajaran tentang bisnis, manajemen dan disiplin ilmu lainnya dari universitas ternama seperti Harvard, Stanford, dsb.
  12. Bisa digunakan untuk penunjuk arah kiblat dan waktu sholat.
  13. Bisa membaca tafsir Ibnu Katsir dalam bahasa Arab
  14. Bisa membaca hadits Sahih Bukhari. Untuk sementara baru ada dalam bahasa Inggris
  15. Bisa mendengarkan audio Alquran 30 juz
  16. Wah, pokoknya banyak banget deh….

Sebagai informasi, kapasitas iPad2 saya hanya 16 GB. Karena itu saya harus pintar-pintar mengelolanya. File foto dan video langsung saya transfer ke laptop agar tidak memakan memori. Bagi yang pengen membeli saya sarankan langsung ke iPad2 yang berkapasitas memori 64 GB.

Tampilan Muka Layar iPad2 Punyaku
Iklan

11 tanggapan untuk “Akhirnya Punya iPad2

  1. waaaah asyik. Kupikir untuk orang yang mobilitasnya tinggi memang ipad bagus. Tapi aku sekarang tidak banyak berpindah tempat jadi belum perlu. Aku malah ingin membelikan mama supaya mudah skype-an dengannya di mana saja 😀 Soalnya mama tidak suka pakai komputer.

    Hai Ime-chan, kapan2 kita chat via skype ya…..Btw, bapak mertuaku yang umur 69 tahun juga sangat tertarik dengan iPad2 yang menurutnya sangat hebat. Dia pengen dibelikan juga. He he….

  2. Waaahhh ….
    ternyata I Pad dua jauh lebih canggih dari pada I Pad satu ya …

    Langsung bisa di unggah ke yu cup pula …

    Keren

    Salam saya Bang

    iya lah pulak Bos. Mantaph itu…

    1. saya langsung ke Yu Cup aahhh …
      mau ketik heryazwan disana … hehehe

      and please search theordinarytrainer juga ya bang … (qiqiqiqiqi)

      Salam saya Bang

      Barusan aku lihat youtube theordinarytrainer. Ternyata sudah banyak filenya ya. Wow, luar biasa mainnya si Bos….. Minder aku yang mainnya asbun. Itulah bedanya yang belajar pianonya beneran, sama yang asal main. He he…. Top Bos. Lanjutkan…. Aku mau belajar piano dari yiutube nyanBos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s