Islamic Character Building

20140301-131144.jpg
Buku Islamic Character Building,
Penulis: Dr Asep Zaenal Ausop
Penerbit: Salamadani
Harga: Rp125.000

Buku ini ditulis oleh Dr Asep Zaenal Ausop, dosen mata kuliah Pendidikan Agama Islam di Institut Teknologi Bandung. Mulanya buku ini merupakan materi ajar di ITB, tetapi kemudian diperkaya dengan materi aktual. Meski demikian, jangan khawatir buku ini menjadi terlalu akademis. Buku ini telah dipoles dengan bahasa yang mudah dimengerti, bahkan oleh seorang mualaf sekalipun. Pengalaman mengajar 26 tahun di ITB membuat penulisnya sangat paham mana materi yang perlu tampil dan mana yang tidak.

Ada 17 bab yang terdapat di buku ini, dari bab tentang hukum Allah hingga bab tentang pernikahan, dari topik tentang sumber hukum hingga topik tentang tenaga dalam; dari topik tentang takdir hingga topik tentang mazhab. Pokoknya, semua topik aktual dalam Islam ada di sini. Pemahaman keislaman kita yang selama ini masih diselimuti persepsi, akan memperoleh pemahaman baru dengan pendekatan ilmu. Tak heran, di sana sini juga bertaburan istilah ilmiah seperti verifikasi dan falsifikasi.
Pada acara peluncurannya di panggung utama Pesta Buku Bandung tanggal 27 Februari 2014, penulis menyampaikan dengan sangat menarik isi buku ini dengan penuh tamsil dan metafora sehingga pengunjung sangat terkesan. Misalnya, penulis menjelaskan hukum alam dengan membandingkan kuku dan gigi. Kuku tumbuh dengan cepat, sementara gigi tumbuh dalam tempo yang sangat lambat, bahkan berhenti pada saatnya. Bayangkan jika gigi tumbuh dengan cepat seperti kuku. Inilah hukum alam yang diciptakan Allah untuk menjadi pembelajaran dan diambil hikmahnya bagi manusia.
Selanjutnya ustad Asep menjelaskan bahwa alam adalah profan, jadi tidak perlu takut dengan alam dan segala makhluk yang tinggal di jagad ini. Manusialah makhluk yang paling mulia. Padi bukanlah suci seperti yang dipahami penganut Sunda Wiwitan, dan karenanya tidak perlu diperlakukan khusus, seperti melakukan persembahan, dsb.
Sebagai pembanding, ustad Iskandar Mirza memuji buku ini yang menurutnya sangat lengkap dan komprehensif. “Saya bingung nih membagi waktu, mau baca Alquran atau buku ini karena tebalnya hampir sama”, ujar ustad Mirza sambil bercanda.
Kemudian ustad Mirza menambahkan bahwa dalam Islam karakter dikenal dengan akhlak. Aisyah, istri Nabi pernah ditanya apakah akhlak Nabi? Aisyah menjawab khuluquhul quran, akhlak Nabi adalah Alquran. Karena itu, kecintaan terhadap Alquran perlu ditanamkan sejak dini. Sebagai testimoni ustad Mirza memaparkan ada santrinya yang menderita disleksia akhirnya bisa sembuh setelah melakukan terapi qurani, yakni membaca Alquran setiap hari pada waktu tertentu. Alquran mampu me-reboot bad sector pada anak tersebut.
Buku setebal 680 halaman ini menurut penulisnya tidak perlu dibaca secara berurutan. Bisa dimulai dari bab mana saja sesuai kebutuhan. Tidak ada prasyarat bab tertentu untuk membaca bab berikutnya. Dengan harga Rp125.000 buku ini sangat layak menjadi koleksi setiap keluarga muslim.

Iklan

8 tanggapan untuk “Islamic Character Building

  1. Alquran mampu me-reboot bad sector pada anak tersebut.

    Dan tidak perlu dibaca secara berurutan …
    mencakup topik yang cukup lebar pula …

    Saya harus mencatat ini … (untuk kemudian membelinya)

    Salam saya Bang

    (1/3 : 5)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s